Crossing Over

Friday, December 25, 2009 at 6:54 AM

Kenapa semua orang punya mimpi Amerika ??? And why this green card is so everything ???

Tragis sekali melihat mimpi-mimpi Amerika ini, segala cara ditempuh untuk mendapatkan Green Card, sebuah Kartu pengenal yang bener bener sakti karena dengan ini mimpi akan sebuah kesuksesan sepertinya sudah ditangan.

Dan film ini pun menceritakan banyak sekali character, diantaranya seorang officer Max Brogan (Harrison Ford) yang bekerja di Imigrasi dan Custom Enforcement Agent yang tugasnya adalah menggrebek lokasi lokasi yang dianggap sebagai tempat pendatang haram bekerja dan bermukim. Ray Liota yang bekerja dibagian Green Card processing dan menggunakan pekerjaannya untuk dapat meniduri seorang aktris asal Australia yang bermimpi bisa menjadi Nicole Kidman berikutnya, ada juga keluarga arab yang mempunyai anak perempuan yang sudah dewasa tapi tidak berperilaku seperti wanita arab lainnya, sehingga dianggap sebagai the black sheep of the family, atau immigrant Korea yang melakukan kriminal sesaat sebelum proses naturalisasi, atau seorang siswi berdarah arab yang dianggap sebagai terorist hanya karena sebuah tugas essay disekolah, I warn you, this movie is a multi character canvas about American Dream.

Banyak pesan di film ini, diantaranya, as we know Amerika adalah negara dimana warganya punya kebebasan dalah hal berpendapat namun semuanya akan gugur kalau pendapat tersebut dapat mengancam keamanan Nasional, jadi sedikit saja kita berempati pada teroris maka kitapun bisa dianggap teroris, hal termudah untuk memperoleh Green Card adalah Prestasi, at least you are so extraordinary dinegara asal dan punya segudang prestasi.

Kelemahan film ini adalah banyak sekali karakter yang ditampilkan sehingga tidak terlalu fokus semisal perjuangan Alice Braga yang tragis namun kurang dapat porsi, atau abg korea yang aksennya tetep gak berubah, latar belakang kenapa dia membenci keluarganya tidak terlalu jelas.

Dan film ini pun membuat gue makin mantap berpikir Amerika bukanlah segalanya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com