9 (2009)

Saturday, October 9, 2010 at 3:35 AM

Awalnya film ini adalah animasi pendek yang kemudian di produksi ulang menjadi sebuah film panjang, di animasi pendeknya yang belum gue tonton film ini tidak menampilkan satu line pun, namun ketika pengembangan cerita menjadi sebuah film, karakter yang tadinya hanya nonverbal dan kuat berekspresi berubah menjadi boneka boneka hidup yang berbicara dan berusaha menyelamatkan dunia yang tengah hancur.

And I'm not a big fans of animation, tapi film ini cukuplah menghipnotis gue, melihat karakter yang unik, sepintas lalu karakter boneka hand made lengkap dengan resleting dan buah baju mengingatkan gue dengan "Coraline" yang dark, dan ternyata emang gak salah sentuhan tangan Tim Burton dan Timur Bekmambetov selaku produser di film Coraline setidaknya mempengaruhi karakter dan jalan cerita film ini. I always love Tim Burton's work.

Opening diawali dengan menampilkan dunia yang hancur pasca perang, dimana mesin menjadi penguasa dunia, disudut sebuah rumah seonggok boneka terbangun dan merasa asing dengan dirinya, hanya saja dia identitaskan sebagai #9, karena penasaran dengan dirinya dan dunia yang sudah hancur, #9 menulusuri rongsokan dan menemukan teman temannya, dan ternyata satu kesalahan yang dilakukan #9 malah membuat kehidupan mereka dan dunia terancam.

Tentu saja ceritanya gak bakal sesimple itu, perjuangan #9 dan kawan kawan diliputi perjuangan, kesalahan dapat menimbulkan bencana yang lebih besar, film ini menampilkan post apocalyptic dengan lebih "gelap". suasana gelap dibeberapa scene membuat ngeri, beda dengan suasana bumi di Wall-E yang watchable untuk anak anak, 9 tampil dengan sisi yang lebih berat dan berisi, secara ceritapun dibuat kuat dengan tidak menggampangkan plot cerita ditambah dengan ending yang lebih masuk akal, film ini berpotensi bagus jika saja hadir lebih awal dari Wall-E (it's not that I compare yah) dan mengurangi scriptnya atau menjadi non verbal animation seperti Wall-E dan tentu saja kembali kekonsep awal film pendeknya.

Sebagai film animasi yang diperuntukkan ke semua umur, 9 menyodorkan banyak pesan yang memang terlalu klise dan standar buat gue, misal keadaan seseorang yang lemah dari luar belum tentu lemah didalamnya aka from zero to hero dan yang jahat pasti akan kalah. What else you can get ???

Btw, did I mention kalo sutradaranya Shane Acker adalah Visual Effect untuk film The Lord of The Ring : The Return of the King ... So no wonder yah.

Cast :
#9 Elijah Wood
#1 Christopher Plumber
#7 Jennifer Connelly
#5 John C. Reilly
#3 dan #4 non verbal twins
#6 Crispin Glover
#2 Martin Landau

Directed By : Shane Acker

My Rate : 3,95/5

Sent From my iPhone 3GS

1 Responses to 9 (2009)

  1. you.write.really.very.nice.i.am.your.daily.visitor.
    like.your.blog.very.much.thanks.for.creating.this blog.

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com