Oliver Twist (2005)

Friday, October 15, 2010 at 9:18 AM

Roman Polanski mengangkat film ini dari karya besar Charles Dickens, menggambarkan perihnya kehidupan seorang yatim piatu bernama Oliver Twist yang terombang ambing di kota London.

Ini adalah film bertema survival yang sedikit membuat gue termehek-mehek, rasanya tidak sanggup mengkondisikan diri seperti Oliver Twist, terombang ambing di panti asuhan, terjebak di kejamnya orang tua asuh, berjalan selama seminggu menuju kota London dengan lapar dan dinginnya cuaca, terjebak dalam kawanan pencopet cilik dan terakhir terlibat drama perebutan dirinya oleh seorang kaya yang baik dengan ketua pencopet. Lengkap drama ini menindas dan membanting banting Oliver Twist.

Dan film ini adalah perkenalan gue dengan Roman Polanski yang kedua setelah The Pianist yang sangat masterpiece, walaupun tidak secemerlang film The Pianist tapi gaya bertutur Roman Polanski yang teratur dan ditutup dengan ending yang berpihak pada audiens menjadikan film ini sangat likeable.

Setting London pada masa lampau juga cukup memikat, daerah kumuh pun dijejal, fenomena pencopet cilik terlatih sepertinya sudah ada sejak zaman dulu kala, wajah wajah innocent diberdayakan kejalan yang salah, sepertinya fenomena yang sama juga terjadi di kota kota besar Indonesia dimana anak anak di eksploitasi.

Oliver Twist hadir dengan warna sepia yang cukup dominan, mungkin Roman Polanski berusaha memadukan unsur cerita dengan suasana hati Oliver twist yang sedih sehingga beberapa scene memang terasa sangat suram.

Diantara semua karakter, selain tokoh utama Barney Clark, ada nama besar lainnya yaitu Ben Kingsley yang menjelma menjadi orang tua yang mengajarkan Twist mencopet dengan tekhnik sangat halus dan cepat, Ben Kingsley berubah, bahkan gue sendiri sampe tidak bisa mengenalnya, he is a really good actor.

Btw, Film ini wajib tonton, dan inget siapkan tisue :)

Cast : Barney Clark, Ben Kingsley, Harry Eden, etc

Directed by : Roman Polanski

My Rate : 3,7/5

Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com