Veronika Decides to Die (2009)

Wednesday, October 13, 2010 at 6:14 AM

Memang pantas sekali film ini langsung masuk home video aka rilis dvd tanpa melalui bioskop, selain Sarah Michelle Gelar tidak mampu mengangkat kekuatan cerita, pun terdapat plot hole yang cukup membuat gue resah dan bertanya tanya ada apa dengan Veronika, dan segampang itukah keputusannya untuk bunuh diri ?

Veronika adalah tipikal wanita karier tangguh, cantik, dan punya segalanya, namun pada satu titik dia merasa himpitan masalah bener bener menggunung, dan momen inilah dia memutuskan bunuh diri, dengan menenggak banyak sekali pil, tapi ternyata ini bukan saatnya dia "pergi", beberapa minggu kemudian dia terbangun di sebuah rumah sakit jiwa dengan keadaan hati yang rusak, oleh dokter dia diberitahu bahwa kali ini nyawanya tertolong tapi tidak dengan kondisi hati yang rusak, dalam proses penantian kematian, Veronika yang keturunan Slovenia beradaptasi dengan lingkungan rumah sakit dan bertemu pasien lain yang mengubah wajah dan hidupnya selanjutnya.

Scene opening ini lumayan menarik untuk ditonton, Veronika digambarkan menjadi sosok New Yorker yang stylish, tangguh, tapi tidak didalam, scene ketika minum pil dan menenggak alkohol serta kemudian dia santai sembari membaca majalah sembari menunggu kematian lumayan memberi kesan bagus, tapi selanjutnya scene dirumah sakit seakan basi, tidak ada perubahan emosional mendalam ketika menatap Veronika, sosok yang tampil di otak gue adalah Buffy Vampire Slayer, atau sepertinya Sarah Michelle Gellar belum bertransformasi total menjadi Veronika, membandingkan dengan pendatang pendatang baru sepertinya Gellar sudah sangat tenggelam, pun di scene dia membuka baju dan bermasturbasi di depan seorang pria, sungguh adegan ini bisa menjadi sangat sensasional dan mengangkat pamornya, tapi Gellar hanya rela di shoot sepenggal leher dan backless, itu saja. Dan pun tanpa penjiwaan penuh. Btw, ini bukan berarti gue setuju dengan pornografi, tapi kerangka dan plot film ini sebenarnya sangat kuat namun eksekusinya sungguh setengah hati.

Film psichology ini pun serasa tidak lengkap, sebuah faktor pemicu Veronika untuk bunuh diri adalah suaminya, namun tak ada satu scene pun yang menghadirkan suaminya, bahkan tidak ada konfrontasi dan simpati dari suaminya, mengingat diawal scene dia menyebut suaminya, namun sampe ending karakter itu menjadi semacam ilusi saja.

Diangkat dari novel Paolo Coelho, andai saja diadaptasi menjadi lebih surreal dan absurd, mungkin film ini menjadi lebih menarik.

Cast : Sarah Michelle Gellar, Jonathan Tucker, Erika Christensen, Melisa Leo, Florencia Lozano, David Thewils.

Directed by : Emilie Young

Rate : 2,8/5

Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com