Before Sunrise (1995)

Tuesday, October 26, 2010 at 5:17 AM

Menonton film ini pertama kali tahun 2000 dan terus terang gue hanya betah 10 menit pertama, mengingat masa itu adalah zaman gue lagi labil labilnya, dulu menurut gue film yang bagus adalah film yang kaya akan spesial effect dan aksi, Drama seperti ini hanyalah menghabiskan waktu saja. Tapi ketika menonton film ini sebulan yang lalu, gue merasa sangat menyesal kenapa dulu gue gak menonton film ini yah ??? It is a great movie, indeed.

Berfokus hanya pada dua karakter utama, Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) keduanya bertemu dalam sebuah kereta menuju Vienna, Jesse adalah pria Amerika yang tengah melakukan perjalanan ke eropa, sedang si cewek adalah gadis perancis yang cantik dengan pemikiran yang sangat terbuka. Perkenalan yang membuat mereka saling bertukar pikiran dan pendapat dimulai dari masalah filosofi, seksualitas, reinkarnasi, bahasa dsb. Perkenalan yang berujung Saling ketertarikan satu sama lain, namun waktu kebersamaan mereka harus segera berakhir. Karena Jesse harus terbang kembali ke Amerika melewati Vienna.

(Spoiler) Tentu saja film ini bersetting eropa pra-facebook dan twitter, namun disini letak keromatisannya, sesaat sebelum berpisah kedua pasangan dadakan ini berjanji akan bertemu beberapa tahun lagi ditempat yang sama, memang terasa aneh, bukankah lebih gampang jika mereka saling bertukar nomor telepon dan berjanji akan bertemu kapan saja mereka mau, sepertinya memang mereka memperlakukan cinta lebih tradisional, lol.

Before sunrise tampak sangat natural dengan plotnya, semua orang yang bepergian sendiri pasti setidaknya pernah merasakan moment dimana kita bertemu seseorang merasa cocok, percakapan yang nyambung, namun sesuatu hal menghalangi kita untuk terus bersama, moment ini bener-bener diulas dengan maksimal, ditambah chemistry yang bener bener hebat antara kedua aktornya, my favorite scene adalah ketika di toko buku, keduanya hanya terdiam dan saling curi curi pandang dan berusaha menghindari eye contact, scene ini bener bener bikin romantis dan mendebarkan, lol.

Before Sunrise adalah sebuah film tentang kehidupan, cinta dan romantisme ... Oohh bahasa gue jadi lebay begini :)

I can't wait to see Before Sunset

Cast : Ethan Hawke and Julie Delpy

Directed By : Richard Linklater

My Rate : 3,9/5

Sent From my iPhone 3GS

1 Responses to Before Sunrise (1995)

  1. purisuka Says:

    film yang isinya orang ngobrol doang tapi sama sekali gak bikin bosen. love it, salah satu film favorit saya sepanjang masa :))

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com