Identitas

Sunday, March 14, 2010 at 5:09 AM

Nah ini dia film stress yang menang di Festival Film Indonesia tahun lalu, film yang disutradarai oleh Aria Kusumadewa ini dibilang bagus banget juga enggak, jelek juga enggak, lebih tepatnya, aneh dan bikin gue stress.

Dari awal sampe akhir film gue dijejalin dengan curhatan yang berkepanjangan oleh sutradara dengan long shot yang lumayan bagus, saking banyaknya curhatan itu gue sama sekali gak menemukan fokus curhatannya, bayangkan rumah sakit yang bobrok, penjualan organ tubuh manusia, penggusuran pemukiman, keluh kesah masyarakat minoritas keturunan cina, identitas ktp, sistem birokrasi pemerintahan yang berbelat belit, prostitusi, janji politik partai, dan banyak plot lainnya yang membuat gue pusing setengah mati.

Cerita seorang pembersih (?) Mayat dirumah sakit, tinggal dipemukimam kumuh dan bertemu dengan gadis keturunan cina yang tak punya tempat tinggal, ayahnya mengidap penyakit aneh, persahabatan mereka terjalin, namun tragedi dalam menemukan sebuah identitas berujung naas di film ini.

Ada apa dengan Aria Kusumadewa dan John De Rantau sampai sampai JDR punya scene khusus ??? JDR di maki maki dan characternya dibikin mati di film ini, so ini semacam jokes antar sutradarakah ??? ada yang menjelaskan gak ???

Yang gue kurang suka adalah gaya penyampaiannya yang aneh semisal scene dirumah sakit, operator bicara : "kepada pemilik kijang tua berwarna telor asin untuk dapat memindahkan kendaraannya karena ambulans gak bisa bergerak padahal pasien mau mati tau ... " Ow ok I don't find this funny. Dan banyak script ketir lainnya.

Scene spektakuler adalah long shot Rumah Sakit yang bagus, tertata rapi. Kedua sudah tentu adegan telanjang Leony, menurut gue cerdas, walaupun kemungkinan tidak full naked tapi efek blur yang dilakukan membuat gue sempat berpikir .. Wah leony Telanjang! Ini lebih baik daripada membuat scene dengan angle menipu. Great.

Jadi layak nggak sech film ini jadi yang terbaik, menurut gue "Nggak Sama Sekali", music score yang seadanya, tema yang gak fokus, bayangan kamera yang banci tampil dan banyak minus pointnya.

Film ini emang terlalu absurd buat gue.

Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com