Mereka Bilang, Saya Monyet

Thursday, February 25, 2010 at 2:09 AM

Film yang diangkat dari Novel Djenar Maesa Ayu ini ternyata hanya mengadaptasi 2 chapter saja dari novelnya yaitu Lintah dan Melukis Jendela. Dan dulu kala gue udah baca novelnya dan terus terang banyak pengembangan yang dilakukan oleh Djenar dan Indra Herlambang.

Adalah Adjeng, satu karakter yang mempunyai dua sisi berbeda, tenang dan lembut ketika berhadapan dengan ibunya (Mommy) dan sangat garang dan liar ketika berada dengan teman-temannya dan pacarnya. Djenar juga seorang penulis cerita anak-anak dan dirinya tengah berontak dengan trauma masa kecil dimana diperlakukan kasar oleh sang ibu namun dilecehkan secara sexual oleh pacar sang ibu,

Melihat karakter Adjeng, gue melihat wajah temen gue, garang dan liar ketika gaul tapi jadi anak alim ketika dirumah tentunya minus pelecehan sexual waktu kecil yah.

Adjeng yang seorang penulis melampiaskan rasa traumanya dengan cara menuliskan ceritanya kedalam sebuah cerpen yang kemudian diterbitkan oleh sebuah koran.

Bravo untuk Djenar, ini adalah film pertama yang disutradarai olehnya, gue suka ketika dia memvisualisasikan lintah (binatang) ketika scene pelecehan sexual tanpa harus explicit.

Aneh rasanya, 3 hari ini menonton film Pintu Terlarang, Jamila dan Sang President dan Mereka Bilang Saya Monyet dan semuanya menampilkan anak yang tersiksa, ada apa ini ??? Kenapa yah temanya seragam ??? Sigh.

Gue suka melihat sex scene antara Titi Sjuman dan Ray Sahetapi, jarang jarang yah melihat film indonesia yang agak sedikit berani, tapi gak tahu juga yah, secara gue jarang menonton film komedi caur yang biasanya menghadirkan scene scene seperti itu.

Agak aneh juga melihat Henidar Amroe mendapat penghargaan atas aktingnya di film ini, secara gue melihat aktingnya di film atau sinetron lain kayaknya sama aja yah ... Cmiiw.

Tapi Bravo untuk semua usaha produser sutradara crew dan aktor dalam menghadirkan film film bermutu seperti ini.

I like this.

Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com