Jamila dan Sang Presiden

Wednesday, February 24, 2010 at 1:05 AM

Dan inilah film yang mewakili Indonesia diajang Oscar, dengan tema perdagangan manusia dan industri sex cukup sebenarnya menjadi isu penting di ajang oscar, namun ketidakmaksimalan penggarapan dan juga kekurangan dana promosi (again) sepertinya maka gagal deh film ini masuk nominasi best foreign. Sigh.

Adalah Jamila, seorang pelacur, mempunyai kehidupan yang suram sejak kecil, dijual bapaknya, malangnya sang adik Fatima-pun bernasib sama, seiring waktu Jamila menjalin hubungan dengan seorang mentri muda yang akhirnya berakhir tragis dimana Jamila membunuh menteri tersebut dan juga membunuh mucikari di Kalimantan.

Ditengah segala kegalau-an dan Fatima sang adik yang tak kunjung ketemu, Jamila menyerahkan diri pada polisi, sebuah ormas islam pun menghendaki kematiannya.

Ratna Sarumpaet membubuhi control politik disana sini, ketua ormas islam yang bisa dibayar, kasus perdagangan wanita yang gak beres beres, kemiskinan, kehidupan lapas, agama, semuanya masuk, sehingga kadang suka nanggung dan gak fokus.

Sayang sekali dengan tema berat seperti ini penggarapannya biasa saja, padahal banyak pemikiran absurd dikepala Jamila yang bisa dibuat menjadi lebih menarik, maaf saja, gaya penceritaanya plong bebas hambatan layaknya sinetron.

Dan untuk Jamila yang mempunyai kehidupan yang kelam, I feel sorry for her character, tapi entah kenapa semua masyarakat disalahkan atas nasib buruknya, bahkan Kiai yang secara tidak pernah berhubungan dengan pribadinya pun ikut disalahkan, sesuatu yang sangat lebay dan alay dalam pemikiran gue, walaupun dikorek korek pasti ada hubungannya, namun sekedar untuk melampiaskan rasa kesalnya semua orang dipersalahkan.

Atiqa sebagai Jamila juga menampilkan akting layaknya dipanggung teater dibeberapa scene , gue gak bisa nilai juga sech apa konteksnya masih masuk untuk film ini.

In Shorts :, film "Jamila dan Sang Presiden" ini bentuk lain dari protes tentang kebobrokan Bangsa Indonesia.

Sent From my iPhone 3GS

1 Responses to Jamila dan Sang Presiden

  1. Nova Imoet Says:

    wah film ni keren, apalgi bisa tembus ke oscar..
    jangan kya film hantu mesum aj...

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com