Merah Putih

Sunday, February 28, 2010 at 1:33 AM

Ekspektasi awal adalah melihat perang kolosal antara Indonesia dan Belanda tapi ternyata gue disuguhkan dengan drama kental yang sisanya adalah scene ledakan disana sini. Lantas kecewa ??? Ya enggak juga sech ... :)

Penulis film ini seperti yang di info khan oleh temen gue adalah ayah dan anak yang berprofesi sebagai penulis, mereka bule asal Amerika, yang uniknya lumayan ngerti tentang ke-Bhinekaan Indonesia, maka lahirlah karakter dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada Dayan (Rifnu Wikana) dari Bali, Hindu sejati, pendiam, latar belakang bergabung dengan tentara belum terjawab di bagian 1 ini, tokoh kedua ada Tomas (Donny Alamsyah), pemuda Sulawesi yang menjadi saksi kebrutalan Belanda ketika membunuh keluarganya, Kristen sejati, ada Amir (Lukman Sardi) seorang Guru berdarah Jawa, bergabung dengan tentara karena kepedulian tinggi terhadap Indonesia, Marius (Darius Sinatria) blasteran Indo yang tengil dan belagu.

Masih ada beberapa karakter lain yang bergabung didalam ketentaraan, mereka ditempa secara militer, konflik mengalir diantara mereka, pada saat ini terdapat muatan pesan bahwa konflik internal lebih berbahaya daripada ancaman dari luar.

Berdurasi hampir dua jam, ditutup dengan ending menggantung emang sedikit menjengkelkan, tapi wajarlah karena film ini akan dibuat dalam bentuk trilogi, dan melihat dari behind the scenenya part 2 dan part 3 sepertinya bakal lebih menjanjikan kearah action perang. Kita tunggu saja yah ...

Sedikit menganggu adalah dialog bahasa indonesia yang terlalu resmi, dan juga kebiasan Thomas yang mempergunakan kata "ngana" instead "kamu" atau "anda" berhubung karakter yang lain walaupun berasal dari daerah tetap tidak menggunakan bahasa daerah, agak annoying sech buat gue.

Secara tekhnis film ini bergaya Hollywood, scene ledak ledakan terkesan real, gue mikir kira kira tanpa campur tangan Hollywood, film berbudget besar ini bakal jadi seperti apa yah ???


Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com