Donnie Darko (2001)

Wednesday, July 28, 2010 at 3:18 AM

Tentu saja bagian paling gue suka dari film ini adalah ending-nya yang walaupun membuat otak berputar putar, tapi begitu menyentuh ketika lagu Mad World membahana, "and I find it kinda funny, I find it kinda sad, the dreams in which I'm dying are the best I've ever head .... Mad World"

Donnie Darko bisa dibilang seorang remaja anti-social, oleh psikiater di diagnosa mengidap schizopenia, dengan keluhan berjalan sambil tidur pada tengah malam, dan terbangun jauh dari rumahnya sendiri, suasana horor makin memuncak ketika Darko bertemu "Giant Talking Rabbit" yang selalu membimbingnya melakukan kejahatan dan perusakan, lebih gilanya lagi, Rabbit tersebut menyembutkan tanggal dan jam kiamat akan terjadi, plot simplenya sech seperti itu, tapi tentu saja sang sutradara Richard Kelly menambahkan banyak elemen elemen lain yang cukup membuat dahi berkerut.

Richard Kelly memang pinter membuat orang berpikir dengan filmnya, The Box salah satunya yang udah gue tonton beberapa bulan lalu, memberi kesan sama :"mikir", tapi Donnie Darko adalah maha karya-nya, setidaknya kita berpikir apakah ini
Tentang kematian ? Atau tentang schizophenia ? Atau tentang superheroes ? Atau malah semacam kritik terhadap sistem pendidikan di Amerika ? Belum sempat mengira ngira, kita akan secepat kilat disuguhkan dengan plot Time Travel, yang oleh Drako dipercaya bahwa dari teori yang rumit semuanya bisa aja terjadi.
Tentu saja penjelasan Time travel lagi lagi membuat dahi berkerut.

Jake and Maggie Gyllenhaal bermain sebagai kakak adik yang kurang sepaham, pertentangan selalu ada baik di meja makan atau dimanapun, tapi tentu saja kapasitasnya hanya sebatas sindir menyindir. Keduanya tampil maksimal, Patrick swayze tampil sebagai motivator yang dicela habis habisan oleh Donnie Darko, dan Drew Barrymore tampil sebagai guru yang sistem pendidikan selalu dikritik oleh sekolah.

Guess this movie is not for everyone ... :)

My Rate : 3,4/5

Cast : Jake Gyllenhaal, Magie Gyllenhaal, Holmes Osborne, James Duval, Patrick Swayze, Seth Rogen, Drew Barrymore, etc

Directed By : Richard Kelly

Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com