Telkomsel Bedebah

Friday, May 1, 2009 at 11:18 AM

Bedebah ….!!!

Begini ceritanya …..

Beberapa bulan ini gue perhatiin billing statement gue selalu naik tidak jelas arah, dikarenakan gue pindah kepekanbaru alhsasil untuk mendapatkan billing statement, gue harus ke Ghrapari Telkomsel. Sebenarnya beberapa hari yang lalu gue udah curiga pasti ada yang tidak beres, kecurigaan pun akhirnya jadi nyata.

Gue make kartu Halo sejak 1998 dan sepertinya sangat sayag kalau no ini di non aktifkan, walhasil sebelum make no ini lagi untuk Blackberry gue hanya minimum pemakaian saja yaitu 45k. sedangkan untuk kepentingan nelpon dan sms gue make kartu Simpati.

Rencana awal adalah No ini hanya dipake untuk Blackberry plus sedikit sms. Otomatis perkiraan gue tagihan tidak akan melewati 200k. karena detilnya adalah 180k untuk blackberry dan 20k maksimal untuk sms dan telpon. Namun kenyataan tagihan selalu diatas 200k, dan bulan ini jadinya RP.250.250 …. WTF

Pas mengecek print-an Billing nya, disana tertera GPRS yang walaupun sedikit namun sangat mencurigakan dan setelah gue cek di tagihan bulan lalu ternyata hal yang sama juga ada disana. Jadi apakah sebenarnya tagihan Gprs itu mengingat gue khan subscribe paket unlimited Blackberry dari telkomsel.

Sungguh unlimited yang limited
Kembali kepokok pembahasan awal, mestinya tagihan gue adalah 200k paling banyak, setelah dicek ternyata sms dan telpon hanya berkisar 12.000 , jadi kenapa mesti bengkak jadi 250k.

Penjelasannya adalah :

CS di Menara Mulia yang cantik cantik itu tanpa perasaan tidak menjelaskan kepada saya detil kebobrokan Telkomsel. Padahal saya sudah menjelaskan bahwa saya punya beberapa nomor, dan no ini saya peruntukan hanya untuk subscribe BIS-nya Blackberry dan tidak akan memakai sms dan telpon kalau tidak terpaksa.
Dikarenakan saya mengambil paket bebas bicara maka biaya Abonemennya adalah 45k diluar BISnya Blackberry yang 180k. alhasil saya harus membayar 180k plus 45k biaya Abonemen, padahal pemakaian sms dan telpon maksimal hanya 12.000,-
Sungguh hal yang aneh mengingat total pemakaian saya sudah melebihi 45.000.
Dan pada billing Statement tertera Selisih penggunaan Minimum Rp.23.000,-
Kesimpulan pertama adalah Minimun pemakaian untuk paket bebas bicara sebesar 45k tetap dikenakan walaupun jumlah total tagihan sudah melewati ketentuan.

Kedua, tidak ada sedikitpun penjelasan kepada saya bahwa bahwa paket BISnya Blackberry untuk Kartu Halo belum termasuk pajak. Jadi BISnya Blackberry ditotal dengan Pajak sungguh menjadi yang PALING MAHAL diantara semua operator yaitu Rp.198.000. Dan hal ini baru saya ketahui hari ini dari CS Iin di Grapari Telkomsel Sudirman Pekanbaru.

Ketiga, adanya pemakaian Gprs Rp 8.130 dijawab dengan gampang oleh saudari Iin yang cantik dengan jawaban SMS Banking Mandiri, Jadi setiap Transaksi SMS Banking Mandiri baik itu cek saldo ataupun Transfer saya dikenai biaya sms Rp.500 plus biaya gprs. Dengan sedikit marah saya jawab “mbak, saya ini sangat awam masalah SMS Banking tapi logika bodoh saya menganalisa Internet Banking dan SMS Banking adalah 2 hal yang berebeda, kalaupun misal saya melakukan transaksi dengan Mobile Internet Banking seharusnya saya tidak di Charge toh itukan sudah masuk service BISnya Blackberry. Kalaupu iya, saya mau baca Term and Condition untuk SMS Banking sekarang juga.
Akhirnya si Mbak Iin berubah sedikit airmukanya, dan permisi sebentar kebelakang. Pada saat ini saya menelpon temen yang bekerja di Bank Mandiri Gatot Subroto. Dan Penjelasannya adalah “TIDAK ADA BIAYA GPRS UNTUK SMS BANKING” emosi gue sempet meledak karena itu.
Walhasil ketika mbak Iin itu balik lagi kalimatnya dibuka dengan “Pak, ternyata setelah saya konfirmasi tidak kena biaya GPRS untuk SMS Banking..”
Doorrrrrrr….. itupun tanpa ada kata maaf karena telah memberi penjelasan yang sama sekali salah.
Dipikiran saya adalah sangat mudahnya CS memberi penjelasan tanpa ada bukti yang jelas, kemungkinan supaya saya puas dengan jawaban itu dan pulang.

Ketiga, Saya terus mendesak apa itu extra gprs yang di bebanin kesaya, dia bilang kemungkinan bapak mendownload mp3 dan menonton video streaming, lagi lagi alasan seenak udel. Saya jawab “ Mbak, saya punya Flash (produk telkomselex juga) jadi saya gak perlu pake ini untuk mengunduh mp3, dan itupun tidak pernah saya lakukan karena bisa dibayangkan waktu yang dipake untuk satu lagu dengan kekuatan gprs, kedua jangan kan masuk youtube, masuk ke site yang ada link video streamingpun browser bawaan saya tidak bisa, kalau ada Video maka akan tertulis [flash:blalalalalxxxxx] yang artinya browser saya tidak support untuk puter video. Nah Loh …
Dan lagi lagi saya diberi alasan bodoh kemungkinan ada picture yang kena gprs….. dodol sedodolsnya kalau alasan yang satu ini.
Logikanya semua site yang saya kunjungi punya image dan kalo itu kena kenapa harus sedikit saya membayar mestinya diumpakaan satu halaman site punya image berukuran 18kb maka kalikan dengan Rp.5 …. So itung sendiri berapa kelebihan gprs yang harus saya bayar ??? dan kalikan lagi dengan berapa kali saya browse setiap harinya. Sungguh alasan yang sangat bodoh. Dan beberapa kali bb gue dibawa kedalam untuk dicek applikasinya, dan dia sempet complaint kemungkinan saya kena extra gprsnya karena ngaskus dan masuk forum Movies. ( ada bookmark Forum Movies Kaskus) di browser saya. Satu lagi penjelasan bodoh.

Setelah tidak menemukan titik solusi, saya dibuatkan laporan permintaan print detil penggunaan gprs selama sebulan karena tidak puas saya meminta Manager on Duty untuk ketemu dengan saya, dijawab sudah pulang pak. Kalau gitu saya bikin appointment saja untuk senin pagi, dijawab lagi “wah gak bisa pak, datang aja pagi pagi, biasa ada kok …” setan alas .. lebih gampang ketemu ama Tukul Ketimbang Manager CSnya Telkomsel.

Kesimpulannya adalah Saya Butuh Penjelasan yang jelas sejelas jelasnya, saya gak mau ada tagihan gprs siluman di tagihan saya berikutnya.
Mungkin tagihannya sangat sedikit, tapi terbayangkah oleh anda, kalau bukan saya saja yang menerima tagihan seperti ini. Dan sekali lagi saya minta Untuk para CS asal jangan menjawab seenak udel hanya untuk membuat saya pergi dan puas, maaf IQ saya tidak sejongkok itu.
Ditengah pembicaraan dengan CS Iin saya bilang ..”saya tahu saya sudah sangat menyebalkan tapi ini harus saya lakukan karena saya tidak mau di pecundangi lagi oleh Telkomsel”

Satu lagi pengalaman buruk saya dengan Telkomsel adalah ketika saya complaint soal Flash dari no simpati saya dan no ini hanya diketahui oleh keluarga saja bahkan teman pun tidak ada yang tahu, saya menelpon ke CSnya bicara panjang lebar, selang beberapa menit saya dapet sms dgn isi mengajak kenalan, dan nama saya dipanggil sesuai nama saya yang teregister di telkomsel mengingat orang selalu mengenal saya dengan nama panggilan, sungguh sangat tidak sopan dan ingat CSnya adalah seorang cowok.

Sekian dulu Curhat emosinya.

4 comments

  1. Jeff L Says:
    This comment has been removed by the author.
  2. Jeff L Says:

    bro.. kalo bole tau....

    setting TCP/IP nya gmn?

    trus di browser lo itu ada bookmark ga yg sering lo gunakan? bs jadi ada bookmark yg lo bikin dgn setting TCP/IP yg salah...itu yg jd biaya gprs siluman

  3. Aciel Says:

    Thanks bro atas tanggapanya,
    TCP di bb gue adalah kosong dan gak ada gue ubah ubah sejak disetting di Menara Mulia. dan udah di cek di Grapari sini (pekanbaru) mereka bilang tidak ada kesalahan settingan.

    Kalo yang dibookmarks ada beberapa site diantaranya kaskus, yang hampir gue buka tiap hari. Jadi logikanya kalo salah setingan disitu mestinya biaya gpprs silumannya haruslah sangat besar ..:)

    Thanks udah mapiur di blog gue ..:D

  4. Cecil Says:

    mas, numpang nanya nih, saya juga korban telkomsel, mas pernah gak dapet keterangan dari csnya yang bilang bahwa tagihan dari *111# itu bisa berubah?soalnya saya syok ngelihat tagihan saya 1juta bulan ini, yang bener aja?dan katanya mereka bilang itu gara2 *111# lum update sd tgl 7, lalu mereka baru bilang kalo pake lifestylenya itu gak mendukung browsing, tp kok bisa dipake buat browsing?lalu gak ada keterangan selain gak ada bisa push mail aja d paket lifestyle blackberry supermurah rp 2000 katanya. bener2 deh telkomsel sialan

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com