Body of Lies

Sunday, May 3, 2009 at 2:00 AM

Lagi lagi dihadapkan dengan tema counter terrorist, bersetting di Jordania. Leonardo Dicaprio bertugas disana sedangkan Russel Crowe yang menjadi atasannya mengendalikan semua kegiatan ferris (Dicaprio) lewat satelit mata mata yang sangat canggih.

Sepertinya tidak ada yang istimewa dalam cerita film ini, tidak ada ending yang membelalakan mata, tadinya gue berharap adanya hidden agenda yang dilakukan oleh Crowe. Tapi ternyata tidak. Yang gue tangkap hanyalah perbedaan nyata antara boss dan bawahan, Crowe yang sangat nyaman tinggal di Amerika sedangkan Dicaprio harus mati matian dalam menjalankan tugasnya.

Isu SARA sudah pasti dikupas disini, mulai dari pernyataan nyeleh tentang sholat dsb. Namun yang lucu adalah ketika ferris di siksa oleh seorang teroris. Percakapan mereka kurang lebih begini :

Ferris : "There is no place in the koran for the murder of innocent people and suicides"

Terorist : "But the koran says "do no say those slain in the cause of God are dead, they are alive but you are not aware of them."

Ferris : "So you misinterpret the one book you believe in, but you are pure or are you just as corrupt as the capitalist westeners that you despise ?"

Entah apa maksud dari kalimat ini, keberpihakan terhadap islamkah ? Atau sekedar ingin menyelamatkan diri ?

Yang pasti Leonardo semakin matang di film filmnya, Revolutionary Road juga menampilkan kematangan aktingnya, Russel Crowe yang porsinya digambarkan sangat nyaman dengan daily lifenya di USpun mampu menggambarkan semua itu, kacamata tebal dan perut sedikit buncit.

Salah satu part dari cerita ini adalah meledakkan properti milik US yang dilakukan sendiri oleh ferris (baca CIA) dan mengkabing hitamkan seorang arsitek asal timur tengah dengan tujuan tertentu. Membuat saya merenung apakah ada kemungkinan terror bom dibeberapa tempat didalangi sendiri oleh Amerika ???

Who knows

Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com