The Book of Eli (2010)

Sunday, August 1, 2010 at 2:39 AM

Tahun 2043 adalah masa post apocalyptic yang konon terjadi karena adanya "The Last War", entah apa penyebab the last world ini, siapa yang berperang melawan siapa ? Masih misteri buat gue, namun efeknya luar biasa, kekurangan air, kehilangan kebudayaan dan juga agama.

Eli (Denzel Washington) sosok yang lagi lagi clueless dimata gue, selalu menenteng tasnya yang berisi buku dan ipod, aneh juga melihat ipod bisa survive ditengah kondisi seperti ini, Eli melakukan perjalanan jauh menuju arah barat untuk sebuah misi, namun misinya membawa sebuah buku yang tak lain adalah Bible terhadang oleh seorang penguasa yang ingin merampas buku tersebut, dimana mereka percaya bahwa buku itu adalah sumber kekuatan baru, suasana film yang gelap di permanis dengan kehadiran Mila Kunis yang buta aksara, mereka berdua melakukan petualangan dan perjalanan demi sebuah buku.

Memang aneh melihat fakta fakta yang dikemukakan film ini, air menjadi barang yang sangat langka, apakah manusia bisa bertahan hidup dengan air yang dijatah ? Beberapa barang peninggalan masa sebelum perang masih bisa ditemukan dan berfungsi baik, lantas kenapa esensi kehidupan manusia semacam agama, pendidikan, budaya bener bener lenyap dimuka bumi, lihat saja kagoknya Mila kunis ketika membaca doa sebelum makan, sebuah hal yang aneh buat dia, atau beberapa orang pemuda yang buta aksara mengumpulkan beberapa buku yang mereka sama sekali gak tahu isinya apa.

Sosok Eli menjadi lebih sakral dengan misinya, tapi anehnya kesakralan sosoknya yang menjaga Bible itu ternoda dengan membunuh siapa saja yang menghalanginya, sebuah perbuatan yang bahkan dilarang oleh kitab yang dihafalnya luar kepala.

Satu satu scene penggugah dalam film ini adalah ketika Bible, Alquran, Taurat dan sejumlah kitab suci lainnya ditempatkan disatu rak yang sama, Penanda sebuah era baru akan dimulai.

Cast : Denzel Washington, Gary Oldman, Mila Kunis, Ray Stevenson.

Directed by : Albert Hughes and Allen Hughes.

My Rate : 2,9/5
Sent From my iPhone 3GS

0 comments

Just Blog of Mine | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | XML Coded By Cahayabiru.com